Flush DNS - Bagaimana dan mengapa menghapus cache DNS Anda

Jika Anda kesulitan mengakses halaman web atau menggunakan layanan online, mungkin perangkat Anda telah meng-cache catatan DNS kedaluwarsa yang perlu dihapus atau disetel ulang secara manual. Ini adalah proses yang dikenal sebagai pembilasan cache DNS Anda dan mudah dilakukan, tetapi langkah-langkah yang perlu Anda ambil bergantung pada perangkat yang Anda gunakan.

Cara membersihkan cache DNS Anda

Jika Anda terbiasa menggunakan baris perintah atau terminal sistem Anda, maka perintah untuk menghapus DNS Anda untuk sistem operasi paling populer tercantum di bawah ini.

Jika Anda tidak yakin tentang cara menggunakan perintah ini, petunjuk lebih detail termasuk tangkapan layar dari setiap langkah dapat ditemukan di bagian khusus untuk setiap versi.

Microsoft Windows

Perintah berikut akan bekerja pada Windows 7, 8, 10 + Windows Server , tetapi membuka prompt perintah sedikit berbeda untuk setiap versi

  1. Klik kanan pada menu mulai dan pilih Command Prompt (Admin)dari menu.
  2. Ketik perintah ipconfig /flushdns.

Windows 10 Flush DNS - Langkah 1 - Mulai di desktop Windows 10 Windows 10 Flush DNS - Langkah 2 - Klik kanan pada menu mulai dan pilih 'Command Prompt (Admin)' Windows 10 Flush DNS - Langkah 3 - Command Prompt akan terbuka Windows 10 Flush DNS - Langkah 4 - Ketik 'ipconfig /flushdns' Windows 10 Flush DNS - Langkah 5 - DNS sekarang di-flush Windows 10 Flush DNS - Langkah 6 - Ketik 'exit' untuk menutup Command Prompt

Apple MacOS dan Mac OS X

Dari aplikasi Mac Terminal, Anda perlu menjalankan perintah berikut tergantung pada versi Anda:

MacOS 11 & 12 (Big Sur, Monterey)

MacOS 10.12 - 10.15 (Sierra, Sierra Tinggi, Mojave, Catalina)

Mac OS X 10.7 - 10.9 & 10.11 (Singa, Singa Gunung, Mavericks, El Capitan)

  1. Buka Finder dan navigasikan ke ApplicationsUtilitiesdirektori dan buka Terminalaplikasi.
  2. Ketik perintah sudo killall -HUP mDNSResponder.
  3. Masukkan kata sandi Anda saat diminta.
MacOS Flush DNS - Langkah 1 - Mulai di desktop MacOS MacOS Flush DNS - Langkah 2 - Buka Finder dan buka folder Utilities di Applications' MacOS Flush DNS - Langkah 3 - Temukan aplikasi Terminal MacOS Flush DNS - Langkah 4 - Buka aplikasi Terminal MacOS Flush DNS - Langkah 5 - Ketik 'sudo killall -HUP mDNSResponder' MacOS Flush DNS - Langkah 6 - Masukkan kata sandi Anda dan tekan kembali

Mac OS X 10.10 (Yosemite)

sudo discoveryutil mdnsflushcache

Mac OS X 10.6 (Snow Leopard)

sudo dscacheutil -flushcache

Mac OS X 10.5 (Leopard) dan di bawahnya

sudo lookupd -flushcache

Linux

Dari terminal atau sesi SSH jalankan perintah berikut:

systemd - Ubuntu & Debian

systemd-resolve --flush-caches

NSCD

sudo /etc/init.d/nscd restart


Mengapa Anda perlu menghapus cache DNS?

Catatan DNS disimpan secara lokal dalam cache di komputer, ponsel, tablet, atau bahkan smart TV Anda. Perangkat ini akan secara otomatis meng-cache alamat IP dan data DNS lainnya saat melakukan permintaan pencarian DNS saat pertama kali Anda mengunjungi atau menggunakannya.

Hasil DNS di-cache untuk mempercepat permintaan berikutnya ke situs web atau layanan yang sama tanpa perlu melakukan pencarian DNS tambahan. Terkadang hasil lama akan di-cache untuk jangka waktu yang lama dan perangkat Anda akan terus mencoba berkomunikasi dengan alamat IP dari hasil lama meskipun mungkin telah diubah, hal ini sering mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses situs web , server game, atau layanan online lainnya seperti yang Anda harapkan.

Jumlah waktu hasil di-cache di perangkat lokal Anda dikenal sebagai TTL (Time-to-Live). Perangkat Anda tidak akan mencoba memeriksa catatan yang diperbarui dari server DNS jika waktu tersebut belum kedaluwarsa. TTL catatan DNS dikonfigurasikan oleh administrator domain dan dapat berlangsung dari beberapa menit hingga 3 hari atau bahkan lebih lama dalam beberapa kasus. Untuk alasan ini, masalah dapat muncul jika perubahan DNS ke nama domain Konfigurasi DNS telah dilakukan dan sistem Anda memiliki hasil cache yang belum waktunya untuk pembaruan. Jika ini terjadi, cache perlu dibersihkan agar sistem Anda mengetahui cara berkomunikasi dengan server baru.

Bagaimana Anda tahu jika Anda perlu membersihkan cache DNS Anda?

Ada beberapa tanda yang mungkin menunjukkan bahwa Anda perlu membersihkan DNS Anda, beberapa di antaranya adalah:

Catatan DNS tidak cocok: Anda dapat dengan mudah memeriksa propagasi DNS secara global untuk nama domain apa pun, dan jika sistem lokal Anda tidak memberikan hasil yang sama maka ini mungkin menunjukkan bahwa Anda perlu membersihkan DNS Anda.

Jika Anda adalah pemilik situs web dan baru-baru ini membuat perubahan pada domain, server nama, atau pengaturan penyedia hosting DNS dan mengalami masalah saat mengakses situs web Anda sendiri, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah caching DNS, dan Anda perlu melakukannya bersihkan cache DNS Anda.

Tidak dapat mengakses situs web: Jika Anda tidak dapat mengakses situs web, yang biasanya tidak bermasalah dengan Anda, ini mungkin menunjukkan masalah cache DNS.

Halaman tidak ditemukan kesalahan: Jika Anda mendapatkan halaman 404 tidak ditemukan kesalahan, maka itu mungkin berarti halaman tersebut telah dihapus begitu saja. Namun, jika Anda tahu bahwa halaman tersebut memang ada, karena ini adalah situs web Anda sendiri, maka ini mungkin berarti Anda terhubung ke server lama yang tidak memiliki halaman yang Anda cari. Ini sering menjadi masalah ketika Anda telah mengubah penyedia domain atau hosting.

Melihat versi situs web lama: Jika perubahan telah dilakukan pada konfigurasi DNS situs web, Anda mungkin tidak terhubung ke versi baru. Jika demikian, membilas DNS Anda dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Seperti yang Anda lihat, ada berbagai alasan perlunya menghapus cache DNS Anda, jadi sebaiknya bersihkan cache DNS Anda untuk menghilangkannya sebagai kemungkinan titik kegagalan.

Apa yang terjadi ketika Anda membersihkan cache DNS?

Saat Anda menghapus cache DNS, perangkat Anda akan menghapus semua catatan DNS lokal yang sebelumnya telah diselesaikan dan disimpan dalam cache terlepas dari TTL yang ditetapkan pada catatan. Ini berarti bahwa ketika Anda mengakses situs web atau layanan lain kali, pencarian DNS baru perlu dilakukan untuk mendapatkan informasi ini dan sekali lagi akan di-cache untuk permintaan di masa mendatang.

Apakah aman untuk menghapus cache DNS?

Ya, aman untuk membersihkan DNS Anda. Beberapa orang khawatir tentang menghapus atau mengatur ulang cache DNS mereka, atau jika melakukannya terlalu sering akan menyebabkan semacam kerusakan. Ini mungkin karena beberapa sistem operasi meminta izin administrator atau hak istimewa yang lebih tinggi untuk melakukannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tidak apa-apa dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada sistem atau perangkat Anda.

Perlu dicatat bahwa ketika Anda membersihkan cache DNS Anda, pertama kali Anda mengakses situs web atau layanan lagi setelah melakukannya berarti pencarian DNS lengkap perlu dilakukan, yang akan menambah sedikit penundaan pada koneksi. dan mungkin misalnya membuat halaman tampak dimuat lebih lambat. Ini biasanya penundaan yang sangat kecil, dan kebanyakan orang tidak akan menyadarinya.

Bisakah pembilasan DNS meningkatkan kinerja jaringan dan mempercepat internet?

Biasanya membersihkan cache DNS Anda tidak mempercepat koneksi internet Anda sendiri, namun hal itu mungkin membuat situs atau layanan tertentu lebih cepat.

Jika penyedia layanan telah memindahkan infrastruktur hosting mereka ke server atau jaringan yang lebih berkinerja dan Anda memiliki catatan DNS yang di-cache masih mengarah ke server lama, maka dengan membersihkan cache DNS Anda, Anda akan dapat mulai mengakses server atau jaringan baru tanpa harus menunggu untuk catatan kedaluwarsa secara alami.

Beberapa penyedia layanan menggunakan server DNS yang mengembalikan banyak hasil karena alasan toleransi kesalahan, perutean, dan kinerja. Hasil ini dapat bergantung pada lokasi Anda, dan dalam keadaan tertentu Anda mungkin menerima hasil yang salah atau saat pemeliharaan sedang berlangsung di wilayah tertentu, dan Anda ditugaskan ke wilayah yang tidak optimal. Ketika ini terjadi, setidaknya mendapatkan akses yang lebih lambat lebih baik daripada tidak ada akses. Jika ini masalahnya, membersihkan cache DNS Anda dapat membuat Anda terhubung ke server yang lebih dekat sehingga menghasilkan akses yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "Flush DNS - Bagaimana dan mengapa menghapus cache DNS Anda"